Alasan di balik penghapusan D3D

Diterbitkan pada

Surat dari Nexon Korea Selatan : “Alasan di balik penghapusan D3D”

 

Salute Soldier.

 

Sebutan untuk engine yang digunakan Counter Strike Online adalah, GoldSrc Engine, Engine ini dibuat untuk mendukung berbagai jenis rendering. Dari tiga jenis sistem rendering, OpenGL API, Direct3D (atau D3D), dan Software Renderer, Counter Strike Online dirancang hingga sekarang untuk OpenGL dan D3D. Lebih khususnya, GoldSrc Engine berhubungan secara langsung dengan OpenGL API, sedangkan D3D hanya mengimplementasikan dari OpenGL. Urutan kerja sistemnya adalah GoldSrc => OpenGL API => D3D. Oleh karena itu, ketika users memilih opsi D3D, perintah sistem D3D tetap melalui layer OpenGL terlebih dahulu.

 

Itu berarti menghubungkan D3D, daripada menghubungkan OpenGL API secara langsung, umumnya membutuhkan overhead yang lebih besar (beban tambahan pada PC) dan pada akhirnya akan lebih lambat. Selain itu, sangat sulit untuk meningkatkan fitur D3D, karena D3D adalah API model lama yang menggunakan DirectX 6.0. Selalu ada permasalahan ketika mencoba meningkatkan grafik, bahkan fitur dasar dari modern grafik API seperti fog, multi-textures, dan sebagainya, belum sepenuhnya diimplementasikan. Sejujurnya, untuk Zombie Mode di D3D kami telah menerapkan peredupan pada layar yang berlebih karena fog tidak dukung, dan pencahayaan pada map sering bermasalah karena multi-textures. Masalah lainnya adalah bahwa tidak mungkin untuk meningkatkan kinerja sistem pada D3D, semenjak GoldSrc Engine memuat semua grafik ke memori sistem (RAM). Ini juga merupakan penyebab utama crash karena memori sistem yang tidak mencukupi. Sebagian besar laporan crash pada memori sistem yang tidak mencukupi kami terima dari D3D. Ini adalah faktor dalam menentukan Studio Mode, yang membutuhkan banyak perbaikan terkait rendering, dan hanya dapat dimainkan menggunakan OpenGL.

 

Tim pengembang memiliki banyak kekhawatiran mengenai mengapa begitu banyak pengguna menganggap D3D lebih baik daripada OpenGL. Kami hanya dapat berspekulasi, tetapi ada satu kemungkinan dimana awalnya Anda dapat bermain pada 100 frame per detik (fps) menggunakan D3D, tetapi saat menggunakan OpenGL hanya berkisar 60 atau 75 fps dengan resolusi maksimal. Hal ini dikarena D3D telah menonaktifkan vertical sync secara default sementara OpenGL aktif secara default. Itu tentu menimbulkan kesan bahwa performa OpenGL lebih buruk daripada D3D, dikarenakan ada perbedaan yang nyata pada kinerja keduanya. Tentu saja, beberapa users secara manual akan menonaktifkan vertical sync untuk mendapatkan 100 FPS penuh dengan OpenGL, dan masih memungkinkan untuk bermain di 100 FPS menggunakan commands "fpx_max 100; gl_vsync 0". Alasan lain mengapa kita dapat berspekulasi tentang mengapa users akan lebih condong ke D3D adalah bahwa adanya laporan perihal OpenGL tidak dapat menginisialisasi dengan benar untuk users yang menggunakan kartu grafis internal atau switchable. Meskipun kami tidak dapat mengidentifikasi penyebab pasti karena sulit untuk mereproduksi masalah ini di pihak kami, kami yakin bahwa dengan melakukan update pada driver Anda akan menyelesaikan sebagian besar permasalahan ini.

 

Kesimpulannya, kami menghapus versi D3D yang sudah ketinggalan zaman, dan akan memperkuat fitur OpenGL untuk terus meningkatkan dan untuk mengubah render di Counter Strike Online. Upaya penting yang dapat dicatat dari masa lalu adalah akselerasi pada perangkat keras, yang didukung melalui commands r_hwaccel, tetapi ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan OpenGL. Saat ini commands tersebut dihapus, karena merupakan kode yang di uji coba dan adanya laporan yang berhubungan dengan keamanan dari banyak PC. Saya harap Anda memahami bahwa kami telah membuat keputusan ini untuk memberikan hasil terbaik untuk game ini, meskipun Anda mungkin tidak sepenuhnya puas. Silakan untuk melaporkan kembali apabila ada masalah atau ketidaknyamanan karena penghapusan D3D.

 

Terima kasih.

Nickname Rank Level
FpFNoNaMa 72
versioN 72
MACARENA 72
AOHmagix 72
GlenMorenZi 72
Clan Level Exp
FpFMaStEr 19 449310
Cappuccino 19 412046
ConseptGOMII 18 397348
KnightOfTheZodiac 18 390412
BanciKalengClub 15 229497
Nickname Kill
SoEIDeJourNa 365155
JandaNekat 355338
IIBETEIIALKHanZ 208357
versioN 203456
JhonStallone 177730